Loading
background-tod

9 Tips Mendesain Ruang Apartemen Kecil

Apartemen kecil alias tidak berukuran luas bisa menjadi pilihan paling nyaman bagi sebagian orang. Namun, tinggal di apartemen yang kecil juga bisa menjadi tantangan. Sebab, akan ada banyak barang pribadi serta dekorasi tertentu yang tidak bisa diletakkan dan diterapkan di apartemen kecil. Tapi, dengan ketekunan, kamu dapat memanfaatkan ruang apartemen yang kecil tanpa mengorbankan gaya atau kenyamanan.

Dilansir dari Beauty Harmony Life, Sabtu (12/6/2021), kamu dapat memaksimalkan ruang apartemen kecilmu dengan mengikuti beberapa tips desain berikut ini.

1. Bijaksana pada furnitur
Pemilik apartemen harus bijaksana dalam memilih furnitur mereka. Pilih perabot yang lebih besar dan bisa multifungsi, ketimbang perabot kecil yang banyak yang membatasi jumlah ruang. Untuk meja, pilih meja dengan bagian atas meja yang lebih kecil (baik bulat atau persegi).
Bersikaplah strategis dalam menempatkan kursi di sekitar apartemen. Pilih meja dinding dengan laci dan kompartemen yang dapat disesuaikan.

2. Jangan letakkan semuanya di lantai
Setiap ruang hunian harus memungkinkan penghuninya untuk bergerak bebas dan melewati setiap area tanpa gangguan. Pemilik apartemen kecil perlu memastikan bahwa furnitur atau barang-barang mereka tidak semuanya diletakkan di lantai. Gunakan benda-benda yang dapat digantung seperti rak, rak buku, dan nakas untuk meletakkan barang-barangmu. Pilih juga peralatan elektronik yang dapat dibaut ke dinding, seperti kipas, TV layar datar, atau lampu dinding.

3. Gantung setiap dekorasi yang memungkinkan
Melanjutkan tips sebelumnya, dekorasi seperti bingkai foto dan pernak-pernik idealnya digantung di dinding. Selain sebagai dekorasi, dinding dapat digunakan untuk penyimpanan dan penempatan barang-barang pribadi. Untuk itu, kamu bisa memasang pengait logam dan rak kayu untuk meletakkan barang-barang seperti tas bahu, ID, mantel, hiasan kepala, kunci, dan lain-lain.

4. Berinvestasi dalam penyimpanan
Ruang apartemen kecil yang nyaman adalah yang tertata dengan baik. Kelompokkan barang-barang penting yang kamu inginkan agar mudah dijangkau. Di dapur, siapkan rak geser dapur dan kotak penyimpanan (pantry organizer) untuk penyimpanan yang mudah dan tertata. Untuk di kamar tidur, gunakan bed risers atau peninggi tempat tidur agar ruang di bawah tempat tidur bisa menjadi brankas untuk beberapa tas, alas kaki yang tidak digunakan, bahkan seprai. Terakhir, pasang rak di sekeliling rumah.

5. Singkirkan barang yang terlalu besar dan barang-barang yang tidak perlu
Sebagai bagian dari mengkonsolidasikan barang, temukan barang yang tidak perlu atau terlihat tidak nyaman, karena itu hanya memakan ruang. Jika furnitur yang dibutuhkan terlalu besar, ganti dengan ukuran yang lebih kecil. Keluarkan beberapa barang yang tidak kamu butuhkan lagi. Lebih penting lagi, jangan pernah membeli barang lebih dari yang kamu butuhkan. Hanya dapatkan barang yang pantas dan wajib ada di apartemen kecilmu.

6. Tempatkan dekorasi secara vertikal
Cara cerdas untuk merapikan ruang apartemen kecilmu adalah dengan memanfaatkan ruang di atas. Selain dekorasi dan perabotan gantung, ruang atas itu juga bisa menampung furnitur tinggi.   Rak buku, lemari, dan laci dapat ditinggikan, memungkinkan lebih banyak ruang untuk pakaian, barang-barang rumah tangga, aksesori, perlengkapan, peralatan, dan barang-barang lainnya. Sebagai bonus, kamu dapat menempatkan dekorasi kreatif di atas furniturmu.

7. Siapkan cermin
Agar ruang kecil terasa lebih besar, gabungkan cermin ke dinding. Gunakan cermin yang cembung, bertingkat, atau melingkar untuk variasi. Ini adalah trik praktis karena pantulan pada cermin memberikan ilusi ruang yang lebih besar dan lebih hidup. Tempatkan cermin dengan hati-hati di area yang tidak terasa ramai dan memantulkan cahaya. Namun, hindari meletakkannya di ruang makan.

8. Merapikan pencahayaan
Pencahayaan dapat memengaruhi persepsi seseorang tentang seberapa besar atau kecil ruang hidup, serta suasana dan kenyamanannya. Semakin kecil ruangan tempat tinggal, semakin sedikit jumlah jendela yang dapat ditempatkan, sehingga memengaruhi cahaya yang masuk. Jika cahaya alami tidak memungkinkan masuk sepenuhnya, pasang pencahayaan yang memadai pada area yang lebih sering digunakan, seperti ruang keluarga, dapur, dan area bermain. Akan tetapi, pastikan pencahayaan tersebut tidak mengeluarkan begitu banyak panas.

9. Tetap dengan kohesi dan kesederhanaan
Sebisa mungkin, buatlah desain apartemen kecil tetap kohesif dan sederhana. Perpaduan gaya, seperti dinding yang didekorasi berlebihan di atas ruang keluarga yang kosong, bisa tampak rumit dan padat. Ingatlah bahwa kesederhanaan adalah keindahan.

Yuk, segera terapkan tips-tips ini di apartemen kalian! Bagi yang sedang mencari apartemen sebagai hunian, Anda dapat memilih Vittoria Residence yang ada di Jakarta Barat!

Vittoria Residence merupakan apartemen dengan konsep Transit Oriented Development (TOD), oleh karenanya Vittoria memiliki stasiun kereta api sendiri. Sehingga penghuni dapat bepergian tanpa merasakan macetnya jalanan ibukota. Mudahnya akses tol JORR pun bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin membawa kendaraan sendiri. Dan sebagai tambahan, Vittoria Residence menyediakan lahan parkir ekstra luas. Sehingga penghuni dapat memarkirkan kendaraannya tanpa takut kehabisan tempat.

Selain itu, Vittoria juga dilengkapi dengan fasilitas yang dapat digunakan oleh penghuninya seperti gym, kolam renang, dan jogging track. Semua itu dapat dinikmati oleh penghuni tanpa harus keluar dari area apartemen, sehingga para penghuni dapat berolahraga kapan saja.

Bila anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang apartemen Vittoria Residence ataupun seputar promo menarik yang ada, anda bisa menghubungi kami di 08119648989

...
Tags:
No items found.